BIOLOGI

    Banyak dari kita sudah belajar berbagai bidang ilmu dalam kehidupan kita. Ada berbagai bidang ilmu yang telah kita pelajari dari berbagai jenjang pendidikan. Salah satu bidang yang kita pelajari salah satunya biologi. Dalam belajar kita sering melontarkan pertanyaan yang datang dari rasa penasaran yang muncul dari dalam pikiran kita. Misalnya dalam bidang biologi pertanyaan yang muncul misalnya

        "Mengapa saya harus belajar biologi ?"

            "Seberapa penting ilmu biologi sehingga saya harus belajar biologi ?"

Selain pertanyaan tersebut masih banyak pertanyaan yang sering sekali kita tanyakan. dalam artikel ini saya sendiri akan mencoba untuk menguraikan dan memberikan gambaran bagaimana ilmu biologi secara umum.

Apa itu Biologi ?

    Coba amati segala hal yang ada disekitar kita, kita akan melihat berbagai fenomena dan berbagai makhluk hidup disekitar kita. Makhluk hidup tersebut berbeda dan melakukan berbagai aktivitas yang berbeda pula. Selain itu, kita juga dapat melihat lingkungan yang menjadi rumah berbagai makhluk hidup. Semua hal tersebut akan saling berinteraksi yang akan menjadi sebuah fenomena yang akan kita rasakan secara langsung dalam kehidupan kita.

    Semua hal tersebut dapat dibahas dalam satu bidang ilmu. Bidang ilmu tersebut adalah biologi yang dari pernyataan di atas dapat kita simpulkan

"Biologi adalah sebuah bidang ilmu yang mengkaji mengenai makhluk hidup dan
lingkungannya serta segala fenomena yang 
terjadi dalam kehidupan"

Makhluk hidup yang kita ketahui di sini merupakan makhluk hidup yang berukulan sangat kecil yang bahkan tak dapat dilihat memakai mata telanjang seperti bakteri, hingga makhluk hidup yang berukuran besar seperti hewan paus biru dan tumbuhan yang bisa berukuran sangat besar dan berumur sangat tua. Lingkungan yang dipelajari adalah segala hal yang ada dalam tempat tinggal atau lokasi makhluk hidup melakukan aktivitasnya. Serta fenomena yang dimaksud yaitu fenomena interkasi antar makhluk hidup maupun makhluk hidup dengan komponen lingkungan dan dampaknya pada makhluk hidup. Fenomena makhluk hidup tersebut dibahas baik masa lalu, sekarang dan memprediksi kejadian di masa depan.

    Dalam ilmu biologi, terdapat berbagai cabang atau sub-disiplin yang mempelajari aspek-aspek khusus kehidupan. Beberapa di antaranya termasuk biologi molekuler, ekologi, genetika, fisiologi, bioteknologi, dan evolusi. Setiap cabang ini memiliki fokus yang unik dan menggali lebih dalam tentang struktur, fungsi, hubungan, dan evolusi organisme hidup serta interaksi mereka dengan lingkungan. Dengan mempelajari biologi, kita dapat memahami mekanisme dasar kehidupan, perubahan yang terjadi pada organisme seiring waktu, serta peran penting biologi dalam menjaga keberlanjutan dan keseimbangan ekosistem di planet ini.


Komentar

Postingan Populer