Kromosom: Pembawa Informasi Genetik

Kromosom adalah struktur yang membawa informasi genetik pada makhluk hidup. Kromosom terdiri dari DNA dan protein. DNA adalah molekul yang menyimpan informasi genetik, sedangkan protein berperan dalam struktur dan fungsi kromosom.

Struktur Kromosom

Gambar Kromosom
Sumber : Mh Badrut Tamam "generasi biologi"
https://generasibiologi.com/2016/10/pengertian-struktur-dan-fungsi-kromosom-pada-manusia.html

Kromosom terdiri dari dua lengan, yaitu lengan panjang (q) dan lengan pendek (p). Lengan q biasanya lebih panjang dari lengan p. Kromosom memiliki sentromer yang terletak di tengah lengan p. Sentromer berfungsi untuk melekatkan kromosom ke gelendong mitosis atau meiosis.

Jenis Kromosom

Kromosom dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Kromosom autosom adalah kromosom yang tidak menentukan jenis kelamin. Manusia memiliki 22 pasang kromosom autosom, yaitu dari kromosom 1 hingga kromosom 22.
  • Kromosom gonosom adalah kromosom yang menentukan jenis kelamin. Manusia memiliki sepasang kromosom gonosom, yaitu kromosom X dan kromosom Y. Perempuan memiliki dua kromosom X (XX), sedangkan laki-laki memiliki satu kromosom X dan satu kromosom Y (XY).
Gambar Kromosom lebih lengkap
Sumber : Mh Badrut Tamam "generasi biologi"
https://generasibiologi.com/2016/10/pengertian-struktur-dan-fungsi-kromosom-pada-manusia.html

Fungsi Kromosom

Kromosom memiliki berbagai fungsi, yaitu:

  • Menyimpan informasi genetik. Kromosom menyimpan informasi genetik dalam bentuk DNA. DNA adalah molekul yang terdiri dari dua untai nukleotida yang saling berpasangan. Setiap nukleotida terdiri dari empat basa nitrogen, yaitu adenine (A), guanine (G), cytosine (C), dan thymine (T). Urutan basa nitrogen dalam DNA menentukan informasi genetik yang dibawa oleh kromosom.
  • Menghasilkan protein. Informasi genetik yang dibawa oleh kromosom digunakan untuk menghasilkan protein. Protein adalah molekul yang berperan penting dalam berbagai proses dalam tubuh, seperti metabolisme, pertumbuhan, dan perkembangan.
  • Menentukan jenis kelamin. Kromosom gonosom menentukan jenis kelamin. Perempuan memiliki dua kromosom X, sedangkan laki-laki memiliki satu kromosom X dan satu kromosom Y.

Kelainan Kromosom

Kelainan kromosom adalah kondisi yang terjadi ketika jumlah atau struktur kromosom tidak normal. Kelainan kromosom dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti keterbelakangan mental, gangguan pertumbuhan, dan kelainan fisik.

Daftar Pustaka

  • Biology, 10th Edition. Campbell, Reece, and Mitchell. Pearson Education, 2014.
  • Genetics, 7th Edition. Griffiths, Miller, Lewontin, et al. W.H. Freeman and Company, 2016.
  • Human Genetics, 7th Edition. Nussbaum, McInnes, and Willard. W.H. Freeman and Company, 2015.

 

Komentar

Postingan Populer