Amorphophallus decus-silvae Backer & Alderw.

Status Kelangkaan

Amorphophallus decus-silvae merupakan spesies yang endemik di Jawa Barat, Indonesia. Status kelangkaannya belum secara resmi dikategorikan oleh IUCN, namun karena persebarannya yang terbatas, spesies ini dianggap rentan terhadap ancaman habitat dan perubahan lingkungan1.

Nama Daerah (Sinonim)

Amorphophallus decus-silvae dikenal dengan beberapa nama daerah di Indonesia. Di Jawa Barat, tanaman ini sering disebut sebagai "acung jangkung"1. Selain itu, di Jawa Tengah, tanaman ini juga dikenal dengan nama "suweg"2.

Amorphophallus decus-silvae dikenal dengan beberapa nama sinonim, termasuk:

  • Amorphophallus discophorus Backer & Alderw.
  • Amorphophallus decus-silvae vardecus-silvae1.

Pertelaan

Amorphophallus decus-silvae 
sumber : 
Learn about Amorphophallus decus-silvae | Voodoo Lily | Perennial Encyclopedia (plantdelights.com)
Amorphophallus decus-silvae adalah tumbuhan geofit berumbi yang tumbuh terutama di bioma tropis basah. Tumbuhan ini memiliki bunga besar yang khas dengan spadix dan spatha yang mencolok. Daunnya besar dan terbelah menjadi beberapa segmen, memberikan tampilan yang unik dan menarik1.

Persebaran

Spesies ini asli dari Jawa Barat, Indonesia, dan tumbuh di daerah pegunungan dengan ketinggian tertentu. Tumbuhan ini ditemukan terutama di hutan-hutan tropis basah yang memiliki kelembaban tinggi1.

Kegunaan dan Potensi

Amorphophallus decus-silvae memiliki potensi sebagai tanaman hias karena bentuk bunganya yang unik dan menarik. Selain itu, beberapa spesies dalam genus Amorphophallus dikenal memiliki umbi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan alternatif, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan kegunaan spesifik dari spesies ini1.

Pembudidayaan

Pembudidayaan Amorphophallus decus-silvae memerlukan kondisi lingkungan yang mirip dengan habitat aslinya, yaitu daerah dengan kelembaban tinggi dan tanah yang subur. Tumbuhan ini dapat diperbanyak melalui umbi, dan perawatan yang baik diperlukan untuk memastikan pertumbuhan yang optimal1.

Informasi Tambahan

Amorphophallus decus-silvae pertama kali dideskripsikan oleh Backer & Alderwerelt pada tahun 1920. Spesies ini termasuk dalam famili Araceae dan memiliki hubungan taksonomi yang erat dengan spesies lain dalam genus Amorphophallus1.


Daftar Pustaka

  1. “Amorphophallus decus-silvae Backer & Alderw.” Plants of the World Online | Kew Science. Diakses dari Plants of the World Online.


Komentar

Postingan Populer